Minggu, 22 Oktober 2017

Jurnalisme Visual di era digital

by google
Kecenderungan yang terjadi di era digital ini adalah ketergantungan orang akan layar yang sangat tinggi sehingga secara perlahan menggeser peran media cetak. Sudah menjadi tren di jaman sekarang bahwa jumlah tulisan pada sebuah artikel semakin sedikit dan gambar semakin besar/banyak. Contohnya:
1.      Lebih dari setengah populasi dunia menggunakan smartphone.
2.      Hampir 2/3 populasi mempunyai mobile phone.
3.      Trafik web dunia lebih dari setengahnya berasal dari mobile phone.
4.      Lebih dari setengah dari koneksi mobile di dunia menggunakan “broadband” alias jaringan cepat.
 Contoh yang paling baik yang dilakukan sebagai pionir di bidang jurnalisme visual ini adalah surat kabar dari Inggris, The Guardian, dan surat kabar yang berbasis di US, The News York Times.
 Mereka bereksperimen melalui platform digital dengan menyajikan ramuan kata-kata yang memperkaya unsur multimedia berupa foto, video serta infografis dalam satu artikel sehingga memberikan pengalaman membaca yang tidak pernah terbayangkan oleh media tradisional sebelumnya. 

Jurnalisme Visual di era digital itu...
Sebuah penyajian yang tidak lagi hanya sekedar memberikan informasi pada khalayak ramai tapi menjadi sesuatu yang bisa menarik perhatian pembaca serta membawa mereka larut dalam ketertarikan mereka dengan pengalaman menikmati sebuah artikel dengan balutan multimedia yang interaktif.

Apa itu VIK?
Produk yang lahir dari upaya jurnalistik Kompas.com bersama dengan Harian Kompas dan KompasTV (multi channel) dalam mencari kedalaman, arti, dan perspektif atas suatu peristiwa, menyajikannya secara naratif yang lengkap dengan grafis, foto, video, maupun audio (multi-media) untuk memberi warna baru di dunia jurnalistik.

Tim Produksi VIK
1.      Produser
2.      Redaksi
a.      Editor
b.      Reporter
3.      Teknologi
a.      Copywriter
b.      Designer
c.      Frontend Dev
4.      Dokumentasi
a.      Fotografer
b.      Videographer
c.      Video Editor

Design is not just what it looks like and feels like. Design is how it work,” -Steve Jobs.

2 komentar:

  1. setuju. Jurnalisme visual ini berkembang karena faktor era digital/teknologi yg terus berkembang dan faktor era konvergensi media

    BalasHapus
  2. Good your informasion, sukses

    BalasHapus